Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Kios Pembuat Kopi di Ungar, Karimun

Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Kios Pembuat Kopi di Ungar, Karimun



Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Kios Pembuat Kopi di Ungar, Karimun - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Kios Pembuat Kopi di Ungar, Karimun


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam website Khasiat Kopi Hijau Jerat Magika – Kios Pembuat Kopi di Ungar, Karimun, semoga berguna.

0 comments