Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Coffee Maker di Purwosari, Bojonegoro

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Coffee Maker di Purwosari, Bojonegoro



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Coffee Maker di Purwosari, Bojonegoro - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengetahui karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Coffee Maker di Purwosari, Bojonegoro


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling jelas ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi dalam website Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Coffee Maker di Purwosari, Bojonegoro, semoga berguna.

0 comments