Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Pembuat Kopi di Kragilan, Serang

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Pembuat Kopi di Kragilan, Serang



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Pembuat Kopi di Kragilan, Serang - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah tahu keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Pembuat Kopi di Kragilan, Serang


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan di halaman Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Kios Pembuat Kopi di Kragilan, Serang, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments