Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Pembuat Kopi di Bojong, Tegal

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Pembuat Kopi di Bojong, Tegal



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Pembuat Kopi di Bojong, Tegal - Walaupun makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengerti kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Pembuat Kopi di Bojong, Tegal


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah di website Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Pembuat Kopi di Bojong, Tegal, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments