Khasiat Kopi Hijau Qalam – Online Shop Pembuat Kopi Di Kikim Barat, Lahat

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Online Shop Pembuat Kopi Di Kikim Barat, Lahat



Khasiat Kopi Hijau Qalam – Online Shop Pembuat Kopi Di Kikim Barat, Lahat - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua telah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Qalam – Online Shop Pembuat Kopi Di Kikim Barat, Lahat


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah di blog Khasiat Kopi Hijau Qalam – Online Shop Pembuat Kopi Di Kikim Barat, Lahat, moga-moga berpengaruh.

0 comments