Khasiat Kopi Radix Diet – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Boja, Kendal

Khasiat Kopi Radix Diet – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Boja, Kendal



Khasiat Kopi Radix Diet – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Boja, Kendal - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua pernah mengerti karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Diet – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Boja, Kendal


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah di website Khasiat Kopi Radix Diet – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Boja, Kendal, moga-moga ada gunanya.

0 comments