Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Onlineshop Pembuat Kopi di Sibolga

Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Onlineshop Pembuat Kopi di Sibolga



Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Onlineshop Pembuat Kopi di Sibolga - Biar kian banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Onlineshop Pembuat Kopi di Sibolga


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun ciri khusus paling jelas adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel dalam blog Khasiat Kopi Radix Habbatussauda – Onlineshop Pembuat Kopi di Sibolga, moga-moga berguna.

0 comments