Khasiat Kopi Radix Halia – Penjual Pembuat Kopi di Cibeunying Kaler, Bandung

Khasiat Kopi Radix Halia – Penjual Pembuat Kopi di Cibeunying Kaler, Bandung



Khasiat Kopi Radix Halia – Penjual Pembuat Kopi di Cibeunying Kaler, Bandung - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Halia – Penjual Pembuat Kopi di Cibeunying Kaler, Bandung


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah di halaman Khasiat Kopi Radix Halia – Penjual Pembuat Kopi di Cibeunying Kaler, Bandung, mudah-mudahan bermakna.

0 comments