Khasiat Kopi Rerama – Kios Mesin Coffee Maker di Batu Aji, Batam

Khasiat Kopi Rerama – Kios Mesin Coffee Maker di Batu Aji, Batam


Khasiat Kopi Rerama – Kios Mesin Coffee Maker di Batu Aji, Batam - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai varietasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama – Kios Mesin Coffee Maker di Batu Aji, Batam


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit adalah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah di halaman Khasiat Kopi Rerama – Kios Mesin Coffee Maker di Batu Aji, Batam, semoga ada manfaatnya.

0 comments