Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Penjual Coffee Maker di Cilebar, Karawang

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Penjual Coffee Maker di Cilebar, Karawang



Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Penjual Coffee Maker di Cilebar, Karawang - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah paham kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Penjual Coffee Maker di Cilebar, Karawang


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol yakni taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah dalam website Macam Kopi Dan Cara Membuatnya – Penjual Coffee Maker di Cilebar, Karawang, semoga bermakna.

0 comments