Macam Kopi Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Binjai, Langkat

Macam Kopi Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Binjai, Langkat


Macam Kopi Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Binjai, Langkat - Kendati kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Binjai, Langkat


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi dalam halaman Macam Kopi Di Indonesia – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Binjai, Langkat, moga-moga berguna.

0 comments