Macam Kopi Nusantara – Penjual Coffee Maker di Mayong, Jepara

Macam Kopi Nusantara – Penjual Coffee Maker di Mayong, Jepara


Macam Kopi Nusantara – Penjual Coffee Maker di Mayong, Jepara - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang wujud bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yaitu kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Nusantara – Penjual Coffee Maker di Mayong, Jepara


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan di web Macam Kopi Nusantara – Penjual Coffee Maker di Mayong, Jepara, moga-moga ada gunanya.

0 comments