Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi di Merakurak, Tuban

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi di Merakurak, Tuban



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi di Merakurak, Tuban - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua sudah mengerti karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi di Merakurak, Tuban


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan dalam web Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi di Merakurak, Tuban, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments