Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lubuk Batu Jaya, Indragiri Hulu

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lubuk Batu Jaya, Indragiri Hulu



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lubuk Batu Jaya, Indragiri Hulu - Biar semakin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua sudah mengerti ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lubuk Batu Jaya, Indragiri Hulu


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi dalam web Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lubuk Batu Jaya, Indragiri Hulu, moga-moga ada gunanya.

0 comments