Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cibalong, Garut

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cibalong, Garut



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cibalong, Garut - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah tahu karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cibalong, Garut


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah di halaman Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cibalong, Garut, mudah-mudahan bermakna.

0 comments