Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Pembuat Kopi Di Ciomas, Bogor

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Pembuat Kopi Di Ciomas, Bogor


Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Pembuat Kopi Di Ciomas, Bogor - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, area peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah tahu ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Pembuat Kopi Di Ciomas, Bogor


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling jelas yaitu tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di website Macam Macam Rasa Kopi Nusantara – Toko Pembuat Kopi Di Ciomas, Bogor, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments