Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Ponorogo

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Ponorogo



Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Ponorogo - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah tahu karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Ponorogo


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di halaman Manfaat Kopi Bagi Kesehatan – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Ponorogo, semoga ada gunanya.

0 comments