Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Gunung Agung, Tulang Bawang Barat

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Gunung Agung, Tulang Bawang Barat


Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Gunung Agung, Tulang Bawang Barat - Biar kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Gunung Agung, Tulang Bawang Barat


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun keunikan paling kentara yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi artikel di blog Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Gunung Agung, Tulang Bawang Barat, moga-moga berpengaruh.

0 comments