Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Toko Coffee Maker Di Aceh Singkil

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Toko Coffee Maker Di Aceh Singkil


Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Toko Coffee Maker Di Aceh Singkil - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang menandai beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Toko Coffee Maker Di Aceh Singkil


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi tulisan di halaman Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Toko Coffee Maker Di Aceh Singkil, semoga berpengaruh.

0 comments