Manfaat Kopi Hijau – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tempeh, Lumajang

Manfaat Kopi Hijau – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tempeh, Lumajang


Manfaat Kopi Hijau – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tempeh, Lumajang - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah paham karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki wujud batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tempeh, Lumajang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun kini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi artikel dalam halaman Manfaat Kopi Hijau – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Tempeh, Lumajang, moga-moga berguna.

0 comments