Manfaat Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Sukomanunggal

Manfaat Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Sukomanunggal



Manfaat Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Sukomanunggal - Meski kian ramai penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kalian semua sudah mengetahui karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Sukomanunggal


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling jelas ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi di halaman Manfaat Kopi Robusta – Toko Coffee Maker di Sukomanunggal, semoga berguna.

0 comments