Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Penjual Pembuat Kopi Di Dukuh Sutorejo

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Penjual Pembuat Kopi Di Dukuh Sutorejo



Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Penjual Pembuat Kopi Di Dukuh Sutorejo - Meski semakin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walaupun berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua pernah mengerti keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Penjual Pembuat Kopi Di Dukuh Sutorejo


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di halaman Manfaat Kopi Untuk Kesehatan – Penjual Pembuat Kopi Di Dukuh Sutorejo, mudah-mudahan bermakna.

0 comments