Membuat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Ngemplak, Sleman

Membuat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Ngemplak, Sleman


Membuat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Ngemplak, Sleman - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu karakter dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Ngemplak, Sleman


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun ciri khas paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di halaman Membuat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Ngemplak, Sleman, semoga ada gunanya.

0 comments