Membuat Kopi Susu Kental Manis – Online Shop Pembuat Kopi Di Ceper, Klaten

Membuat Kopi Susu Kental Manis – Online Shop Pembuat Kopi Di Ceper, Klaten


Membuat Kopi Susu Kental Manis – Online Shop Pembuat Kopi Di Ceper, Klaten - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengerti karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Kental Manis – Online Shop Pembuat Kopi Di Ceper, Klaten


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel dalam blog Membuat Kopi Susu Kental Manis – Online Shop Pembuat Kopi Di Ceper, Klaten, semoga ada gunanya.

0 comments