Membuat Kopi Susu Kental Manis – Toko Online Coffee Maker di Jatinegara, Tegal

Membuat Kopi Susu Kental Manis – Toko Online Coffee Maker di Jatinegara, Tegal


Membuat Kopi Susu Kental Manis – Toko Online Coffee Maker di Jatinegara, Tegal - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Kental Manis – Toko Online Coffee Maker di Jatinegara, Tegal


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel dalam halaman Membuat Kopi Susu Kental Manis – Toko Online Coffee Maker di Jatinegara, Tegal, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments