Membuat Kopi Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kasui, Way Kanan

Membuat Kopi Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kasui, Way Kanan



Membuat Kopi Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kasui, Way Kanan - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua telah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kasui, Way Kanan


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca risalah di halaman Membuat Kopi Yang Enak – Toko Mesin Pembuat Kopi di Kasui, Way Kanan, semoga berpengaruh.

0 comments