Meracik Kopi Ala Kafe – Onlineshop Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong

Meracik Kopi Ala Kafe – Onlineshop Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong


Meracik Kopi Ala Kafe – Onlineshop Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Ala Kafe – Onlineshop Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di blog Meracik Kopi Ala Kafe – Onlineshop Coffee Maker Di Curup Selatan, Rejang Lebong, moga-moga berguna.

0 comments