Resep Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Ronggur Nihuta, Samosir

Resep Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Ronggur Nihuta, Samosir



Resep Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Ronggur Nihuta, Samosir - Meski makin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kamu semua telah paham ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Resep Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Ronggur Nihuta, Samosir


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas adalah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di blog Resep Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Ronggur Nihuta, Samosir, semoga bermakna.

0 comments