Trik Membuat Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Indralaya, Ogan Ilir

Trik Membuat Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Indralaya, Ogan Ilir



Trik Membuat Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Indralaya, Ogan Ilir - Walaupun semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Trik Membuat Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Indralaya, Ogan Ilir


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama & penyakit.

Adapun keunikan paling gamblang adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam website Trik Membuat Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Indralaya, Ogan Ilir, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments