10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Karang Poh

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Karang Poh


10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Karang Poh - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham ke-khas-an dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Karang Poh


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah di halaman 10 Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Penjual Coffee Maker Di Karang Poh, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments