Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Sambung Makmur, Banjar

Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Sambung Makmur, Banjar


Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Sambung Makmur, Banjar - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Sambung Makmur, Banjar


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah di blog Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Enak – Toko Online Pembuat Kopi Di Sambung Makmur, Banjar, semoga ada gunanya.

0 comments