Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Kedawung, Cirebon

Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Kedawung, Cirebon


Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Kedawung, Cirebon - Meski semakin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, area ditanamna, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keunikan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki bentuk bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Kedawung, Cirebon


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan penyakit.

Adapun ciri khusus paling kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi informasi dalam halaman Cara Meracik Kopi Enak – Online Shop Pembuat Kopi di Kedawung, Cirebon, moga-moga berpengaruh.

0 comments