Jenis Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Muncar, Banyuwangi

Jenis Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Muncar, Banyuwangi


Jenis Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Muncar, Banyuwangi - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari kelasnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Muncar, Banyuwangi


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel di blog Jenis Kopi Arabika – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Muncar, Banyuwangi, moga-moga berguna.

1 comments: