Jenis Kopi Arabika Terbaik – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cikijing, Majalengka

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cikijing, Majalengka


Jenis Kopi Arabika Terbaik – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cikijing, Majalengka - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cikijing, Majalengka


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang yakni taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi di website Jenis Kopi Arabika Terbaik – Onlineshop Pembuat Kopi Di Cikijing, Majalengka, moga-moga ada gunanya.

0 comments