Jenis Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Kuala Jambi, Tanjung Jabung Timur

Jenis Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Kuala Jambi, Tanjung Jabung Timur


Jenis Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Kuala Jambi, Tanjung Jabung Timur - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengerti keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Kuala Jambi, Tanjung Jabung Timur


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi di blog Jenis Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Kuala Jambi, Tanjung Jabung Timur, semoga berguna.

0 comments