Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pogalan, Trenggalek

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pogalan, Trenggalek


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pogalan, Trenggalek - Kendati kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari tipenya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua telah paham keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pogalan, Trenggalek


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling kentara yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi artikel dalam website Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Pogalan, Trenggalek, moga-moga bermakna.

0 comments