Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Toko Coffee Maker di Banjarsari, Lebak

Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Toko Coffee Maker di Banjarsari, Lebak


Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Toko Coffee Maker di Banjarsari, Lebak - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah tahu ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Toko Coffee Maker di Banjarsari, Lebak


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun keunikan setidaknya jelas yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel dalam web Jenis Kopi Yang Digemari Di Indonesia – Toko Coffee Maker di Banjarsari, Lebak, semoga berpengaruh.

0 comments