Jenis Minuman Kopi Starbucks – Kios Pembuat Kopi di Jayapura, OKU Timur

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Kios Pembuat Kopi di Jayapura, OKU Timur


Jenis Minuman Kopi Starbucks – Kios Pembuat Kopi di Jayapura, OKU Timur - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, mulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walaupun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah anda semua sudah tahu ke-khas-an dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Kios Pembuat Kopi di Jayapura, OKU Timur


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai belahan dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun keunikan setidaknya mencolok adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel di halaman Jenis Minuman Kopi Starbucks – Kios Pembuat Kopi di Jayapura, OKU Timur, semoga ada manfaatnya.

0 comments