Jenis Minuman Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker di Kelay, Berau

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker di Kelay, Berau


Jenis Minuman Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker di Kelay, Berau - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, tempat perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah paham kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker di Kelay, Berau


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah dalam website Jenis Minuman Kopi Starbucks – Online Shop Coffee Maker di Kelay, Berau, moga-moga ada gunanya.

0 comments