Khasiat Kopi Hijau Hannis – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Kuala, Langkat

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Kuala, Langkat


Khasiat Kopi Hijau Hannis – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Kuala, Langkat - Kendati semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Hannis – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Kuala, Langkat


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca artikel di blog Khasiat Kopi Hijau Hannis – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi di Kuala, Langkat, semoga ada manfaatnya.

0 comments