Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Kraksaan

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Kraksaan


Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Kraksaan - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Kraksaan


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa khas, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama.

Adapun keistimewaan paling kentara yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah membaca risalah dalam blog Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Kraksaan, semoga berguna.

0 comments