Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Toko Pembuat Kopi di Karangpandan, Karanganyar

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Toko Pembuat Kopi di Karangpandan, Karanganyar


Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Toko Pembuat Kopi di Karangpandan, Karanganyar - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Toko Pembuat Kopi di Karangpandan, Karanganyar


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi di blog Khasiat Kopi Hitam Gula Merah – Toko Pembuat Kopi di Karangpandan, Karanganyar, mudah-mudahan berguna.

0 comments