Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Penjual Pembuat Kopi di Krejengan, Probolinggo

Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Penjual Pembuat Kopi di Krejengan, Probolinggo


Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Penjual Pembuat Kopi di Krejengan, Probolinggo - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua pernah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Penjual Pembuat Kopi di Krejengan, Probolinggo


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol yakni peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah dalam halaman Khasiat Kopi Hitam Untuk Wajah – Penjual Pembuat Kopi di Krejengan, Probolinggo, semoga bermanfaat.

0 comments