Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Pembuat Kopi di Mauk, Tangerang

Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Pembuat Kopi di Mauk, Tangerang


Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Pembuat Kopi di Mauk, Tangerang - Biar makin berlimpah penikmat kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua pernah tahu kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Pembuat Kopi di Mauk, Tangerang


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun keistimewaan paling kentara yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam blog Khasiat Kopi Jantan Merah – Kios Pembuat Kopi di Mauk, Tangerang, moga-moga bermakna.

0 comments