Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Kios Mesin Coffee Maker Di Darul Ihsan, Aceh Timur

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Kios Mesin Coffee Maker Di Darul Ihsan, Aceh Timur


Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Kios Mesin Coffee Maker Di Darul Ihsan, Aceh Timur - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, daerah ditanamna, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengetahui kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Kios Mesin Coffee Maker Di Darul Ihsan, Aceh Timur


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam web Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Kios Mesin Coffee Maker Di Darul Ihsan, Aceh Timur, mudah-mudahan berguna.

0 comments