Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Banjaran, Bandung

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Banjaran, Bandung


Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Banjaran, Bandung - Kendati kian banyak pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengetahui kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Banjaran, Bandung


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di website Khasiat Kopi Pahit Untuk Kesehatan – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Banjaran, Bandung, moga-moga bermakna.

0 comments