Khasiat Kopi Radix Himalaya – Online Shop Pembuat Kopi Di Rawas Ulu, Musi Rawas Utara

Khasiat Kopi Radix Himalaya – Online Shop Pembuat Kopi Di Rawas Ulu, Musi Rawas Utara


Khasiat Kopi Radix Himalaya – Online Shop Pembuat Kopi Di Rawas Ulu, Musi Rawas Utara - Biar kian banyak pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua telah tahu keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Himalaya – Online Shop Pembuat Kopi Di Rawas Ulu, Musi Rawas Utara


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan dalam blog Khasiat Kopi Radix Himalaya – Online Shop Pembuat Kopi Di Rawas Ulu, Musi Rawas Utara, moga-moga bermakna.

0 comments