Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Deket, Lamongan

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Deket, Lamongan


Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Deket, Lamongan - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua sudah mengerti keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Deket, Lamongan


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di web Macam Jenis Kopi Indonesia – Toko Pembuat Kopi Di Deket, Lamongan, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments