Macam Kopi Aceh – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Tarakan Tengah, Tarakan

Macam Kopi Aceh – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Tarakan Tengah, Tarakan


Macam Kopi Aceh – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Tarakan Tengah, Tarakan - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah tahu keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Aceh – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Tarakan Tengah, Tarakan


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna memiliki cita rasa istimewa, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel di halaman Macam Kopi Aceh – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Tarakan Tengah, Tarakan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments