Macam Kopi Aceh – Toko Pembuat Kopi di Alam Pauh Duo, Solok Selatan

Macam Kopi Aceh – Toko Pembuat Kopi di Alam Pauh Duo, Solok Selatan


Macam Kopi Aceh – Toko Pembuat Kopi di Alam Pauh Duo, Solok Selatan - Biar kian ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari tipenya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua telah mengetahui ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun semestinya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Aceh – Toko Pembuat Kopi di Alam Pauh Duo, Solok Selatan


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beragam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel dalam blog Macam Kopi Aceh – Toko Pembuat Kopi di Alam Pauh Duo, Solok Selatan, moga-moga berpengaruh.

0 comments